Selasa, 26 Maret 2019

5 Jenis Teknik Cetak Grafika

1.Cetak Tinggi
    Bidang percetakannya dapat berupa balok kayu,karet,logam atau bahan lainnya yang diberi gambar atau tulisan.Gambar atau tulisan tersebut diukirkan pada satu permukaan bidang.contoh dari cetak ini adalah stempel.Teknik cetak yang termasuk dalam jenis teknik cetak tinggi diantaranya cukil kayu dan cap.

  2.Cetak Dalam
     Zat pewarnaan ditempelkan pada permukaan terdalam dari bidang pencetak (acuan cetak).Bidang pencetak berupa balok kayu,karet,logam,atau bahan lainnya.warna dimasukkan pada rongga pahatan bahan yg sudah di ukir lalu dicetak pada permukaan kertas,plastik tipis,aluminium.contonnya pada plat nomor.
3.Cetak Datar
   Teknik cetak datar bidang pencetakan atau bidang acuam cetak berupa permukaan datar yang memiliki dua jenis lapisan permukaan.contohnya adalah koran dan majalah.
4.Cetak Saring
   Teknik cetak saring pada umumnya menggunakan screen.maka,teknik ini di kenal dengan sebutan screen printing.dan teknik ini juga di kenal dengan sebutan sablon.
5.Cetak Digital
    Adalah proses cetak yang terjadi tanpa bidang acuan cetak.cetak ini dikenal juga dengan sebutan digital printing.mesin yang digunakan untuk mencetak yaitu  printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Jenis Teknik Cetak Grafika

1.Cetak Tinggi     Bidang percetakannya dapat berupa balok kayu,karet,logam atau bahan lainnya yang diberi gambar atau tulisan.Gambar atau ...